Sejarah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  merupakan perubahan nama dari Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP Islam Bumiayu) yang telah mendapat izin operasional berupa SK Mendiknas no: 09/D/O/2009 tentang pendirian STKIP. Pada mulanya tempat perkuliahan berlokasi di Dukuhturi kecamatan Bumiayu. Tempat perkuliahan tersebut sebagian menempati gedung SMP Islam Bumiayu. Mulai tahun 2011/2012 STKIP  telah menempati gedung baru yang berlokasi di JL. Raya Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Pembangunan gedung baru tersebut telah dimulai pada bulan Februari 2010, dan mulai ditempati bulan September 2011. Dalam hal ini, proses penggunaan gedung dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Dengan semakin berkembangnya STKIP Islam Bumiayu dalam meningkatkan kuwalitas kampusnya maka berfikir untuk berkembang menjadi sebuah universitas, atas pemikiran tersebut maka membuahkan keputusan yaitu dengan  bergabung dengan kampus lain yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi atau sering disebut STIE Islam Bumiayu untuk menjadi Universitas Peradaban. Sebagai hasil dari keputusan diatas, maka munculah SK KEMENRISTEK DIKTI Nomor 81/ KPT/ I / 2015 tentang penggabungan STKIP Islam Bumiayu dan STIE Islam Bumiayu menjadi UNIVERSITAS PERADABAN yang ditetapkan di jakarta, Tanggal 20 Oktober 2016. Dan Universitas Peradaban sudah terlebih dahulu berdiri yaitu dengan izin pendirian dari menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor: 427/E/O/2014.

Atas Dukungan pemerintah terhadap berdirinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP secara lebih nyata ditunjukkan pada peresmian berdirinya UNIVERSITAS PERADABAN pada hari sabtu tanggal 18 Oktober 2014 di kampus Jalan Raya Pagojengan Km. 3 Kab. Brebes yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang diwakili oleh direktur kelembagaan dan kerjasama dikti (Prof. IrHermawan K. DipojonoMSEE., Ph.D.). Universitas peradaban terdiri dari empat fakultas yaitu fakultas ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi dan  Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan.