UNIVERSITAS PERADABAN SRAWUNG BARENG BALAI BAHASA JAWA TENGAH

Kamis, 26 Agustus 2021, Universitas Peradaban kedatangan tamu dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Bapak Dr. Ganjar Harimansyah selaku Kepala Balai Bahasa berkunjung ke kampus Universitas Peradaban bersama dengan tim yaitu: Ibu Desi Ari Presanti, S.S., M.Hum. sebagai penerjemah ahli madya, Dyah Susilawati, S.S., M.Hum. sebagai peneliti ahli pertama, dan Vintia Anggraini, S.S. sebagai analisis kata dan istilah yang diterima oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik (Ujang Khiyarusoleh, M.Pd)., Pembantu Rektor II Bidang Keuangan, SDM & GA (Yulis Maulida Berniz, S.E., M.M), Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, (Dede Nurdiawati, M.Pd), serta Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia (Ibu Ririn Setyorini, M.Pd) bersama tim dosen.

Adapun kerja sama yang dibahas yaitu mengenai UKBI, magang untuk dosen ataupun mahasiswa, seminar nasional, pelatihan kebahasaan atau kesastraan, dan publikasi dalam bentuk karya sastra. Diskusi mengenai UKBI bisa menjadi syarat wajib untuk mengikuti ujian skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, sehingga kualitas kebahasaan mahasiswa di Universitas Peradaban tidak diragukan lagi. Tidak hanya itu Universitas Peradaban juga bisa menjadi pusat layanan terpadu untuk UKBI di wilayah Brebes Selatan.

Magang untuk dosen ataupun mahasiswa, program yang digaungkan pemerintah menjadi kampus merdeka didukung penuh oleh Mas Ganjar. Karena mahasiswa bisa kuliah lintas prodi, dari 8 semester S-1, mahasiswa berhak mendapatkan kesempatan belajar 3 semester di luar prodi yang ditempuh. Artinya SKS untuk mahasiswa lebih fleksibel, dan mereka mempunyai hak untuk memilih: magang, mengajar di sekolah, penelitian, wirausaha, pertukaran mahasiswa atau pengabdian masyarakat. Mahasiswa Universitas Peradaban diberi kesempatan untuk magang di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan seminar nasional sudah tidak asing bagi universitas-universitas di Indonesia, sudah menjadi kebutuhan bagi kampus, entah menjadi peserta maupun menjadi penyelenggara. Dari Balai Bahasa Provinsi menawarkan kerja sama dalam bentuk seminar nasional, misalnya webinar berkarya dengan sastra di kalangan milenial ataupun seminar-seminar yang berkaitan dengan kebahasaan maupun kesastraan. Banyak karya-karya mahasiswa yang sudah dibukukan baik dalam bentuk antologi prosa, puisi, maupun naskah drama. Hasil diskusi bisa menjadi titik terang untuk mahasiswa Universitas Peradaban untuk berkiprah di bidang penulisan, tentunya melalui kerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Selain kerja sama di atas, ada juga kerja sama dalam bentuk validasi data penelitian kosakata KBBI. Ada beberapa kosakata yang mengalami perluasan makna, sehingga perlu ditambahkannya makna kata tersebut.

One Reply to “UNIVERSITAS PERADABAN SRAWUNG BARENG BALAI BAHASA JAWA TENGAH”

  1. Hey there would you mind letting me know which hosting
    company you’re using? I’ve loaded your blog in 3 different web browsers and I must say this blog loads a lot faster
    then most. Can you recommend a good internet hosting provider at a fair price?

    Many thanks, I appreciate it!

Leave a Reply

Your email address will not be published.